Pagi Sehat Menapaki 320 Anak Tangga ke Puncak Pianemo Raja Ampat

Raja Ampat Tour, Paket Raja Ampat, Liburan Raja Ampat

Raja Ampat – Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Piaynemo Island (Pulau Pianemo). Pulau ini berada wilayah Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Pulau dengan julukan Little Wayag (Wayag Kecil) ini menawarkan keindahan dan kecantikan gugusan karst (karang) dari puncak Pianemo dengan ketinggian 59 meter di atas permukaan laut dan 122,4 meter jarak ke puncak.

Menapaki 320 anak tangga untuk sampai ke puncak dan menyaksikan langsung pesona keindahan gugusan karang di atas air laut yang berwarna biru.

Berdasarkan informasi yang kami perolehuntuk sampai ke pulau itu, pengunjung dapat menggunakan transportasi laut berupa perahu cepat atau sejenisnya dari Kota Sorong atau dari ibukota Raja Ampat, Waisai yang terletak di Waigeo Selatan dengan lama perjalanan dua sampai tiga jam.

Jika ingin mengunjungi pulau ini, para wisatawan wajib mengetahui peraturan yang telah tertulis di papan informasi di sisi tangga. Sebab, wilayah Pianemo merupakan kawasan konservasi dan juga objek wisata karang.

Papan informasi pun juga tersedia di Puncak Pianemo dan juga balkon yang bertujuan menjaga keselamatan pengunjung selama berada di ketinggian Pulau Pianemo, Raja Ampat.

Keindahan Bawah Laut

Salah satu wisatawan lokal, Dwi Yanto mengaku takjub dengan keindahan dan kecantikan Raja Ampat, di antaranya Pulau Pianemo. Dwi menuturkan baru pertama kali ke Raja Ampat dan menyaksikan langsung keindahan bawah laut dan gugusan karang di pulau itu dari ketinggian Pianemo.

“Walau lelah setelah menapaki ratusan anak tangga, tapi semuanya sirna setelah sampai ke puncak Pianemo, keindahan dan kecantikan alamnya sangat memanjakan mata,” kata Dwi.

Pengunjung lainnya, Rina Hutapea menuturkan hal yang sama. Rina mengaku selama ini hanya menyaksikan keindahan dan kecantikan Pianemo dari televisi dan gambar di internet, tapi kini dapat menyaksikan langsung. Dia berharap, lebih banyak lagi wisatawan ke pulau itu dan pulau-pulau lainnya di Raja Ampat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *